Hubungan bismilh dengan ilmu mantiq

تعلق اعام منطق ببسم الله الرحمن الرحيم
Hubungn ilmu mantiq kpda lafat bismilah yaitu
1)من جهة المخردات 
arti nya secara terperinci atau perlafat بأ لفظ بسم الله menurut ilmu mantiq disebut lafat اداة yaitu بأ عند اهل المنطق yaitu lafat اداة sedangkan menurut ulama ahli nahwu disebut kalimat huruf.
bila di ilmu mantiq yang dibagi itu adalah لفظ : terbagi tiga bagian yaitu
لفظ اداة,لفظ كلمه,لفظ اسم .sedangkan didalam ilmu nahwu yang dibagi adalah kalimat yaitu كلمه اسم, كلمة فعل  كلمة حرف maka al hasil;
didalam koidah disetiap-tiap tempat itu ada ucapan nya كل مقام مقام او كل مقام حال
 بأ حرف اداة :مالايصلح لان يخبريه وحده 
arti nya adalah lafat yang tidak pantas di jadikam khobar sendirian
1)apakah tidak pantas sama sekali dijadikan khobar نحو :في----زيد في
2)pantas mah pantas jadi khobar tapi gak pantas klo sendiria:نحو:لا----زيد لا يصرب

2)ta'aluk ilmu mantiq kepada lafat اسم
menurut ahli mantiq disebut lafat isim itu lafat ismi(اسم)
ismi=lafat isim:ما لايصلح لان يخبريه ودحده ولم يدل بهيئته وصيغته على الا زمنة الثلاثة
arti nya setiap-tiap lafat yang pantas dijadikan khobar sendirian dan tidak menunjukan tingkah dan sifat nya kepada zaman yang tiga yaitu zaman madhi zaman hal dan zaman mudhore
نحو: قائم

3)ta'aluk ilmu mantiq kepada lafat الله
menurut ulama ahli mantiq lafat الله disebut lafat اسم حزئي حقيقي
bila menurut ahli nahwu disebut isim alami
lafat ابم جزئى حقيقى adalah setiap-tiap lafat isim yang mempunyai makna satu serta makna yang satu itu tidak menuju kepada afrot yang banyak اى تثخص contoh lafat zat yang khusus yang terbentuk yang dinamai zait اى زيد maka tidak bisa nuduh kepada lafat yang lain atau afrot(bentuk/jenis-jenis)
lafat الله  yang wajib ada nya  yang tidak bisa nuduh kepada zat yang lain.
catatan:جزئى lawan nya كل
كل adalah setiap-tiap lafat isim yang mempunyai makna istirok(استراك)bisa menuju kepada afrot yang banyak.sesuatu tidak akan jelas bila tidak tahu lelawanan nya.contoh كل(kulli) makna istirok(استراك)
انسن (hewan yang mempunyai otak untuk berfikir) contoh:زيد,عمرا,امرا
انسن juga dapat dikatakan manusia atau hewan yang berfikir(حيوان ناطق)
catatan:tarif الله adalah ذات واجب الوجود (zat yang wajib ada nya)
4)ta'aluk ilmu mantiq kepada lafat الرحمن الرحيم
penjelasan nya dari lafat الرمن الرحيم tergantung mengit'lakan nya(اتلك)yaitu tergantung  memakai nya/make nya membaca lafat  بسم الله الرحمن الرحيم  bila mengit'lakan nya  kepada lafat الله  yang di maksud الرحمن (yang wajib ada nya di Alloh Ta'ala) الرحيم (yang wajib ada nya di Alloh Ta'ala) yaitu zat Alloh  maka itu dimanakan  isim kulli(اسم كل)
tapi bila lafat الرمن الرحيم  itu tidak di it'lakan(pakai) kepada lafat Alloh  kaya-kaya/seperti lafat الرحمن الرحيم itu bukan Alloh maka nama nya جزئى حقيقي atau اسم جزئى حقيقي .
ihtilaf kedua pendapat tentang lafat الرحمن الرحيم
1)syah menit'lakan (ngucapin/memaksud) lafat الرحمن الرحيم kepada Alloh itu nama nya isim kulli(اسم كل) tapi yang الرحمن الرحيم itu bukan Alloh saja,zait juga kadang-kadang الرحمن الرحيم ز
boleh saja الرحمن الرحيم itu di it'lakan kepada manusia(انسن) seperti zait,umar,amer itu semua boleh punya sifat الرحمن الرحيم tapi beda antara الرحمن الرحيم nya Alloh dengan الرحمن الرحيم  nya makhluk(manusia:zait,umar,amer:انسن)
2)tidak syah /tidak boleh mengit'lakan lafat الرحمن الرحيم kepada lafat Alloh  maka itu di namkan isim just'i hakiki( اسم جزئى حقيقي)  yang الرحمن الرحيم itu hanya Alloh Ta'ala  tidak ada yang lain hanya Alloh Ta'ala saja ,bila di maksud zat Alloh (karna itu nama Alloh dalam asma ul husna) itu nama isim just'i hakiki(اسم جزئى حقيقي) bila yang dimaksd الرحمن الرحيم itu adalah sifat Alloh Ta'ala maka itu dinamakan isim kulli(اسم كل)
itu adalah bahasan ilmu mantiq yang ada kaitan nya/hubungan nya dengan بسم الله الرحمن الرحيم dengan cara من جهة المفردات ز

2)adapun ta'aluk ilmu mantiq yang ada kaitan nya dengan bismilah dengan cara من جهة المركبات .sekumplit nya lafat bismilah..itu bisa disebut jumlah khobariyah dan insaiyah (جمله خبرية و انشائية) bila syah dijadikan jumlah khobariyah itu nama nya kodiyah (berupa ceritaan/kabar/sesuatu keputusan hukum) bila syah dijadikan jumlah insyaiyah mak itu nama nya muta'aluk/takdir(متعلق او تقدير)
bila di takdirkan lafat bismilah.. kepada cara من جهة المركاب maka itu terbagi tiga
 يبتدئ كل المؤمننى بسم الله الرحمن الرحيم :قصية ملية( I
:يبتدئ بعض المؤمننى بسم الله الرحمن الرحيم قضية جزئية( II
:يبتدئ المئمنون بسم الرحمن الرحيم قضية مهملة( III

dafat disimpulkan ta'aluk ilmu mantiq itu ada dua cara:
1)من جهة المفردات
2)من جهة المكبات
bersambung nanti insaAlloh saya akan melanjutkan menulis tentang pembahasan mabade ilmu mantiq
dari saya asta bin rohim bin H.yasam bin rungsing bin sarun

Comments

Alhamdulilah

Tanda uber aplikasi driver merah

BAB Alhamdulilah menurut ilmu mantiq

Tanda uber aplikasi biru tua